Cara membuat iklan dengan menggunakan bahasa Inggris. Iklan atau Advertisement ( dalam bahasa Inggris ) merupakan bagian dari sebuah Business Plan. Iklan sangatlah penting bagi sebuah perusahaan yang ingin menjual atau mem-promosi-kan produk mereka. Dengan demikian, kemampuan untuk menghasilkan kualitas iklan yang baik, begitu krusial. Khususnya konten iklan bahasa Inggris.
# Kosakata
Bahasa Inggris sangat kaya akan perumpamaan - perumpamaan, peribahasa, kata-kata mutiara, serta kosakata umum yang bisa di masukkan ke dalam iklan. Kita ambil contoh kata ‘ Go Green ’. Green disini memiliki arti ramah lingkungan.
Contoh promosi produk dalam bahasa Inggris lain adalah kalimat ‘ This product is one-of-a-kind ’ ,yang artinya adalah produk ini unik.
Untuk merangkai kata - kata iklan dalam bahasa Inggris memang cukup rumit dan kompleks. Oleh karena itu, di butuhkan pengetahuan luas akan perumpamaan, kosa kata dan lainnya, serta kreatifitas dalam mengaitkan kata-kata tersebut dengan produk yang akan dipromosikan serta citra yang ingin dibangun kepada target pasar. Sehingga sebuah brand atau produk cepat di kenal oleh masyarakat dan tepat sasaran.
# Grammar
Hal berikutnya adalah, tatanan kalimat iklan bahasa Inggris. Jika diperhatikan, banyak iklan tersebut yang memiliki susunan grammar yang salah, namun tetap dipublikasikan. Upsss,,, why??? mari Kita lanjutkan !!
Satu hal yang mesti Kita ketahui, bahwa iklan ( secara umum ), menggunakan bahasa yang digunakan oleh mayoritas masyarakat sehari - hari, yaitu bahasa keseharian yang informal.
Mari Kita ambil suatu contoh iklan produk apabila pasar yang ditargetkan adalah komunitas anak muda, maka bisa jadi, kalimat seperti ‘ Wanna play our Game? ’ akan lebih menarik perhatian jika dibandingkan dengan kalimat ‘ Do you want to play our game? ’.
Jika pasar yang ditargetkan adalah dewasa dan orang tua, maka kata - kata seperti ‘ impeccably astounding ’ akan lebih pas jika dibandingkan dengan penggunaan kata seperti ‘ wickedly awe-inspiring ’.
Jadi, yang ditekankan adalah bahasa Inggris keseharian, dengan alasan agar pesan dari iklan tersebut lebih tersampaikan. Jika iklan menggunakan bahasa yang formal dan baku, dimana tidak umum digunakan dalam kehidupan sehari - hari, kemungkinan pesan tidak akan tersampaikan dan terkesan kaku untuk diterima.
Penggunaan bahasa yang tepat untuk iklan dalam bahasa Inggris sangat penting, karena bahasa dapat mencerminkan karakter dan sifat dari suatu Brand atau Produk. Jika Kalian menjumpai sebuah iklan promosi parfum, misalnya, dengan kalimat seperti ‘ Desirably fabulous ’. Maka bisa di ketahui bahwa target pasar dari parfum tersebut adalah wanita dewasa.
Bandingkan iklan produk parfum dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kata-kata seperti ‘ Pink Ponies and Sunshine ’, maka produk parfum tersebut adalah untuk anak-anak perempuan.
Maka dari itu, begitu banyak iklan bahasa Inggris yang memiliki beragam bentuk dan struktur, dan seringkali memiliki grammar yang salah. Hal tersebut bukan karena advertisement designer tidak memiliki pengetahuan bahasa Inggris yang baik, melainkan itu adalah upaya agar iklan bisa di terima oleh audience dan juga sesuai dengan target pasar.
Sumber :
Iklan Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Advertisement